Seperti yang kita ketahui, karburator adalah piranti pencampur antara udara
dan bensin yg akan mengubah menjadi butiran spray/uap bahan bakar yg nantinya akan
masuk kedalam ruang bakar, dgn campuran udara dan bensin
yg tepat/AFR (air fuel ratio) yg pas maka
performa motor pun akan optimal sebagaimana seharusnya. Pada karbu skep, yg bertugas untuk mengatur debit udara adalah baut airscrew. Perlu diketahui juga, setting airscrew karbu bukanlah segalanya. Tetapi
kesesuaian besaran angka pilot jet dan main jet juga berpengaruh.
- Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 - 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
- Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
- Hidupkan mesin
- Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 - 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 - 2,6 putaran.
- Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian.....(900 -1100 rpm)..
- Lalu cek sekali dua kali untuk di gas.... bremmm.....bremmmm dan setelah posisi idle mesin gak mati ...maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
- Kalau masih mati ulangi proses dari pertama.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar tanpa kata sara