Gabung Dengan Gajah Street

Cara setting karburator Mobil


Karburator adalah salah satu bagian mesin mobil yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar agar tercipta pembakaran yang sempurna. Kini anda hanya bisa menjumpai kaburator pada mobil-mobil tua yang diproduksi pada tahun 80an, karena teknologi pembakaran pada mobil saat ini sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar.


 

Berikut adalah cara-cara menyetel karburator mobil yang baik dan benar:

  • Mengendurkan sekrup idle tetapi AC mobil tetap dihidupkan. Anda dapat menghentikan penyetelan karburator jika sekrup tersebut tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin mobil yang sedang dinyalakan.
  • Mengatur sekrup RPM mesin yang diturunkan secara terus menerus hingga 500 atau sampai mesin hampir mati.
  • Sekrup idle yang disetting dengan cara mencampurkan udara dengan bensin/ bahan bakar.
  • Memutar sekrup ke arah kiri hingga hampir mati dan putar balik sekrup ke arah kanan hingga hampir mati juga.
  • Sekrup diputar kembali untuk mendapatkan RPM tertinggi. Dengan cara demikian, anda akan mendapatkan campuran bensin dan udara yang sesuai dan terbaik bagi mobil tua anda.
  • Jika sudah menemukan campuran yang terbaik, settinglah sekrup hingga RPM 700, 800, 900, atau besarnya RPM yang anda inginkan untuk mendapatkan campuran yang sesuai dan pas untuk kaburator mobil lawas anda.
  • Jika semua RPM sudah berhasil di setting, sekarang saatnya menyetel sekrup idle up AC. Caranya adalah dengan menghidupkan AC kemudian amati RPM mobil anda. Ketika AC mobil sudah dinyalakan, anda akan melihat bahwa RPM mobil anda sudah turun atau berkurang bahkan kembali ke skala semula. Jika sudah demikian, setel atau setting sekrup idle up hingga mencapai RPM 900 sampai 1000.
  • Step yang terakhir adalah melihat RPM yang sudah anda setel. Caranya, matikan AC mobil anda dan amati apakah RPM idle sudah sesuai dengan RPM yang diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar tanpa kata sara